fbpx
Trik Storytelling yang Wajib Diketahui Saat Mulai Belajar Bahasa Inggris

Trik Storytelling yang Wajib Diketahui Saat Mulai Belajar Bahasa Inggris

Myenglishforum.id – Bagaimana trik storytelling yang harus kamu tahu saat belajar bahasa Inggris? Ini dia panduan selengkapnya beserta contoh storytelling lengkap dengan artinya yang perlu kamu ketahui.

Tidak hanya untuk mata pelajaran bahasa Indonesia saja, tetapi juga bahasa Inggris kamu pastinya pernah diminta untuk menceritakan sesuatu di depan kelas oleh gurumu. Benar nggak sih? Contohnya, saat baru selesai libur panjang, biasanya para siswa diminta guru untuk menceritakan pengalaman apa saja yang terjadi di hari – hari liburmu. Apa kamu pergi bersama keluarga untuk traveling ke tempat – tempat baru yang belum pernah dikunjungi? Atau, kamu hanya menikmati liburan di rumah saja?

Bercerita di depan kelas menggunakan bahasa Indonesia pastinya sudah sangat biasa, kira – kira bagaimana jika kamu diminta untuk menggunakan bahasa Inggris? Mungkin buat kamu yang jago berbahasa Inggris ini menjadi hal yang mudah, tapi lain halnya bagi mereka yang kurang fasih berbahasa Inggris pastinya mereka akan kesulitan untuk menceritakan sesuatu di depan kelas. Selain harus memiliki kepercayaan diri yang kuat, kamu juga perlu melakukan storytelling dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Trik Storytelling yang Wajib Diketahui Saat Mulai Belajar Bahasa Inggris

Trik Storytelling yang Wajib Diketahui Saat Mulai Belajar Bahasa Inggris
Photo by Corsi-inglese.it

Memilih Cerita yang Paling Disukai

Trik storytelling yang pertama saat mulai belajar bahasa Inggris adalah memilih cerita yang paling kamu suka. Pada dasarnya bercerita menjadi sesuatu hal yang menyenangkan, apalagi jika menceritakan hal – hal yang kamu suka dan senangi. Melalui cerita yang disukai tersebut kamu pastinya akan lebih mudah mengingat setiap detail cerita tersebut.

Selain itu, kamu pastinya akan sangat menikmati proses ketika kamu menceritakannya, bahkan meskipun kamu harus bercerita di depan kelas dan dilihat oleh semua teman – temanmu. Misalnya, saat traveling kamu ternyata kurang suka dengan pengalaman liburanmu sebab harus pergi ke sebuah terowongan karena kamu orang yang paling takut dengan ruang – ruang yang sempit.

Namun diujung terowongan tersebut ternyata tersimpan sebuah pemandangan yang indah dan menakjubkan, sehingga menjadi bagian yang paling kamu sukai dalam travelingmu. Nah, pada bagian ujung terowongan inilah kamu bisa menjelaskan lebih detail dan terperinci ceritamu tersebut. Itu artinya kamu tidak perlu menceritakan dengan detail betapa sempit dan tidak nyamanmu kamu saat berada di bagian terowongan tersebut.

Meluangkan Sedikit Waktu untuk Pelajari Cara Bercerita

Pada saat kamu diminta untuk bercerita dalam bahasa Inggris di depan kelas, maka kamu bisa memanfaatkan beberapa menit sebelum mulai. Silakan tentukan mana cerita yang paling kamu suka untuk kamu ceritakan dan bagaimana kamu akan menyampaikan cerita tersebut.

Cara bercerita dalam bahasa Inggris yang paling mudah adalah dengan membagikan cerita ke dalam beberapa bagian. Coba kamu ingat – ingat kembali hal penting atau kata kunci tertentu di setiap bagian. Dengan menghafalkan kata kunci dari ceritamu tersebut maka cerita akan mengalir begitu saja secara natural dan tidak terkesan dibuat – buat.

Mengatur Suara dan Intonasi Dalam Berbicara

Pada saat kamu sudah terlalu sering berlatih dan mempersiapkan ceritamu di depan kelas, kamu pastinya akan menjadi lebih pede atau percaya diri. Silakan atur suaramu agar kata – kata yang kamu ucapkan bisa terdengar dengan jelas. Jangan lupa juga untuk memastikan agar kamu tidak terlalu cepat saat bercerita.

Pada dasarnya dalam bahasa Inggris ada beberapa kata – kata yang memiliki pengucapan serupa, tetapi kata yang berbeda. Dengan berlatih suara dan intonasi lebih sering dalam berbicara, maka kamu menjadi lebih terbiasa untuk mengucapkan sebuah kata dalam bahasa Inggris dengan benar. Bila perlu kamu juga bisa mencoba mengumpulkan kata – kata yang sulit kamu ucapkan, kemudian mencari cara mengucapan kata tersebut dengan baik dan benar dan mencobanya di rumah.

Menggunakan Kosa Kata Bahasa Inggris yang Mudah

Belajar grammar dalam bahasa Inggris memang sering sekali menjadi salah satu kegiatan yang paling sulit dilakukan, apalagi bagi mereka yang baru belajar bahasa Inggris. Tetapi dengan terus berlatih dengan menulis cerita dan pengucapannya, maka bisa menjadi cara paling efektif lho.

Biasanya apabila seseorang sudah mulai terbiasa berbicara menggunakan bahasa Inggris, maka kemampuan grammarnya akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Meskipun demikian, kamu tetap harus pelajari dasar – dasar dalam bahasa Inggris.

Selain itu, untuk memudahkan kamu bercerita dalam bahasa Inggris pastikan kamu sudah menggunakan kosa kata yang mudah diingat dan diucapkan. Apabila kamu sudah mulai terbiasa, maka kamu bisa menggunakan kosa kata yang jarang digunakan. Tujuannya, agar bisa menambah pengetahuan kamu mengenai kosa kata bahasa Inggris.

Contoh Teks Storytelling dan Artinya

The Goose with the Golden Eggs

Once upon a time, a man and his wife had the good fortune to have a goose which laid a golden egg every day. Lucky though they were, they soon began to think they were not getting rich fast enough.

They imagined that if the bird must be able to lay golden eggs, its insides must be made of gold. And they thought that if they could get all that precious metal at once, they would get mighty rich very soon. So the man and his wife decided to kill the bird.

However, upon cutting the goose open, they were shocked to find that its innards were like that of any other goose!

Artinya :

Suatu hari, seorang pria dan istrinya memiliki nasib baik untuk memiliki angsa yang menetaskan  telur emas setiap hari. Beruntung meskipun mereka, mereka segera berpikir mereka tidak cukup cepat kaya.

Mereka membayangkan bahwa jika burung  mampu bertelur emas, bagian dalamnya pasti terbuat dari emas. Dan mereka berpikir bahwa jika mereka bisa mendapatkan semua  logam mulia sekaligus, mereka akan segera mendapatkan kekayaan Jadi pria dan istrinya memutuskan untuk membunuh angsa tersebut.

Angsa dengan Telur Emas bagaimanapun, setelah memotong angsa secara terbuka, mereka terkejut karena menemukan bahwa jeroan nya sama saja dengan angsa lainya.

The Ant and the Dove

One hot day, an ant was searching for some water. After walking around for some time, she came to a spring. To reach the spring, she had to climb up a blade of grass. While making her way up, she slipped and fell into the water.

She could have drowned if a dove up a nearby tree had not seen her. Seeing that the ant was in trouble, the dove quickly plucked off a leaf and dropped it into the water near the struggling ant. The ant moved towards the leaf and climbed up there. Soon it carried her safely to dry ground. Just at that time, a hunter nearby was throwing out his net towards the dove, hoping to trap it.

Guessing what he was about to do, the ant quickly bit him on the heel. Feeling the pain, the hunter dropped his net. The dove was quick to fly away to safety.

Artinya :

Suatu hari yang panas, semut sedang mencari air. Setelah berjalan ke sekitar untuk beberapa waktu, dia datang ke mata air. Untuk mencapai musim semi, dia harus memanjat rumput. Sementara membuat jalan ke atas, dia terpeleset dan jatuh ke dalam air.

Dia bisa tenggelam jika burung merpati di atas pohon di dekatnya tidak melihatnya. Melihat bahwa semut dalam kesulitan, burung merpati cepat memetik daun dan menjatuhkannya ke dalam air dekat semut berjuang. semut bergerak menuju daun dan naik ke sana. Segera dilakukan dengan selamat ke tanah kering. Hanya saja, seorang pemburu di dekatnya membuang jaring ke arah burung merpati, berharap untuk menjebak nya

Menebak-nebak apa yang akan ia lakukan, semut cepat menggigit tumitnya. Merasakan sakit, pemburu menjatuhkan gawangnya. merpati pun terbang ke tempat yang aman.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang trik storytelling yang wajib diketahui saat mulai belajar bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.

Chat via Whatsapp