fbpx
Tips Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak dari Rumah

Tips Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak dari Rumah

Myenglishforum.id – Ada banyak cara dan upaya yang bisa dilakukan oleh orangtua kepada anaknya untuk mencari tips mengajarkan bahasa Inggris dari rumah. Sebenarnya mengajar anak menjadi hal yang paling mudah sekaligus menantang. Bagaimana tidak, di usia balita anak biasanya masih memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi, waktu dan energi yang lebih banyak lagi daripada orang dewasa.

Untuk mendapat hasil yang efektif dari proses belajar bahasa Inggris anak, maka ada beberapa hal yang patut untuk diperhitungkan, beberapa diantaranya sebagai berikut.

Tips Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak dari Rumah

Tips Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak dari Rumah
Photo by Welcomeschool.it

Mempertimbangkan Cara Belajar Anak

Tips mengajarkan bahasa Inggris pada anak dari rumah pertama adalah dengan mempertimbangkan cara belajar anak itu sendiri. Setidaknya ada 3 macam tipe pelajar, yakni visual, kinestetik, dan auditory. Masing – masing anak pastinya memiliki ketiganya, tetapi proporsinya yang berbeda – beda.

Apabila anakmu merupakan tipe pelajar visual, maka ia akan mengerjakan pelajaran yang diberikan lebih cepat lewat penjelasan ilustratif dengan menggunakan gambar. Lain halnya untuk tipe anak atau pelajar kinestetik maka akan lebih mudah memahami pelajaran setelah dilakukan praktek oleh dirinya sendiri.

Mengajak Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris

Membiasakan anak berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris, misalnya pada saat kamu mulai mengajarkan anak bahasa asing tersebut di usia dini menjadi salah satu cara paling tepat dan efektif, untuk membantunya belajar bahasa Inggris lebih cepat.

Contoh mudahnya seperti berikut, saat kamu akan meminta tolong pada anak untuk menutup pintu, maka kamu bisa memintanya dengan mengatakan, ‘Close the door, please!’. Maka secara tidak langsung kamu mengajarkan 2 hal pada anak, yakni arti dari kalimat tersebut dan arti dari kata door itu sendiri.

Menggunakan Video

Pada dasarnya ada banyak sekali video anak – anak yang bisa dimanfaatkan untuk mengajarkan anak bahasa Inggris secara aktif tanpa disadarinya. Pada saat anak – anak yang ada di dalam video tersebut menarik sembari menyanyikan lagu berbahasa Inggris, maka secara otomatis anak akan mengikuti tarian dan sesekali mencoba menyanyikannya berdasarkan apa yang ia dengarkan.

Kamu sebagai orangtua pastinya harus membimbing anak memperbaiki tiap kata yang salah diucapkannya. Caranya, dengan ikut bernyanyi bersama anak secara perlahan.

Menggunakan Kartu

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kartu – kartu bergambar yang dilengkapi pula dengan keterangan berbahasa Inggris. Mungkin awalnya anak hanya akan memperhatikan gambarnya saja tanpa harus memperdulikan arti dari tulisan yang ada pada gambar tersebut. Hal ini wajar, sebab anak masih belum mampu untuk membaca. Pada saat menunjukkan kartu yang bergambar, kamu bisa mengucapkan bahasa Inggris dari gambar tersebut dan meminta anak untuk mengikuti ucapannya.

Mengajarkan Dalam Waktu Singkat Tapi Rutin

Agar anak lebih mudah untuk fasih dalam bahasa Inggris dengan cepat, maka kebiasaan berbahasa Inggris harus dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama tetapi rutin. Misalnya, kamu bisa mengajarkan anak berbahasa Inggris setelah mereka pulang dari sekolah atau lainnya. Jangan lupa ciptakan memori khusus pada saat belajar bahasa asing anak, sebab dengan cara ini maka anak bisa lebih mudah mengingat kapan mereka mempelajari kata atau kosa kata bahasa Inggris dan tahu apa yang dimaksud.

Buku Dongeng

Anak – anak pastinya akan lebih tertarik saat harus belajar dari buku dongeng atau buku cerita, apalagi kalau buku dongeng tersebut dilengkapi dengan gambar – gambar yang menarik perhatiannya. Namun meskipun demikian pastikan kamu memilihkan buku cerita atau dongeng yang banyak tampilan gambar, warna, dan cerita yang ringan.

Kamu bisa memulai dengan membacakan cerita di setiap malam sebelum tidur dengan bahasa Inggris pastinya. Jangan lupa ikuti dengan artinya agar anak bisa paham dan mengerti dengan isi cerita dalam buku tersebut. Pada saat membaca, kamu juga tidak boleh lupa untuk menjelaskan artinya secara mendetail dan juga menggunakan tata bahasa yang mudah dimengerti anak.

Bermain Sambil Belajar

Tips mengajari anak bahasa Inggris yang cepat dan mudah yang lainya adalah memastikan metode belajarnya harus yang menyenangkan. Salah satu contohnya adalah belajar sembari bermain. Jenis permainan bisa dirancang sesuai kemampuan bahasa anak. Misalnya anak baru bisa mengerti dan memahami mengenai warna, maka jenis permainannya harus dibuat sesuai warna yang menjadi kemampuan anak.

Tebak Gambar

Permainan terakhir yang bisa dilakukan untuk membuat anak bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat adalah mencoba membuat tebak gambar. Silakan kamu isi beberapa nama gambar tersebut menggunakan huruf tertentu sebagai petunjuknya. Pada saat anak mendapat giliran untuk menebak nama sebuah gambar, maka kamu bisa memberikan petunjuk huruf tersebut.

Cara ini tidak hanya membuat anak bisa mengerti dan memahami bahasa Inggris dengan baik dan benar, tetapi sekaligus juga bisa menulis dan mengeja kata dalam bahasa Inggris.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips mengajarkan bahasa Inggris pada anak dari rumah. Semoga bermanfaat.

WhatsApp chat