fbpx
Tips Agar Anak Mudah Belajar Bahasa Inggris yang Harus Kamu Tahu

Tips Agar Anak Mudah Belajar Bahasa Inggris yang Harus Kamu Tahu

Myenglishforum.id – Ingin buah hati tercinta bisa fasih berbahasa Inggris? Tapi masalahnya, untuk mengajari anak belajar bahasa Inggris ternyata bukan perkara yang mudah. Untuk itu kamu butuh yang namanya tips agar anak mudah belajar bahasa Inggris berikut ini. Dengan mengetahui tips atau trik belajar yang tepat, anak pastinya menjadi lebih mudah dan tertarik untuk terus belajar sampai fasih.

Tips Agar Anak Mudah Belajar Bahasa Inggris yang Harus Kamu Tahu

Tips Agar Anak Mudah Belajar Bahasa Inggris yang Harus Kamu Tahu
Photo by Stefanisport.it

Tidak ada satu pun orangtua yang tidak mau anaknya memiliki kompetensi yang baik, termasuk dengan kamu sendiri. Memiliki daya saing di masa depan menjadi dambaan tersendiri bagi orangtua kepada anaknya. Dengan semakin bertambahnya jumlah populasi di dunia dan kemajuan teknologi yang bisa dibilang cukup pesat, persaingan generasi anak kita pastinya akan jadi jauh lebih berat lagi jika dibandingkan dengan yang kita alami. Bahkan di zaman sekarang saja mau tidak mau kita sudah dituntut untuk bisa bersaing hampir dengan 7 miliar orang lebih. Lantas, bagaimana dengan anak – anak kita nanti?

Sebagai orangtua, salah satu tanggung jawab terbesar kita kepada anak – anak adalah memberikan keterampilan secara utuh yang dibutuhkan anak – anak di masa mendatang. Baik kemampuan kompetensi, termasuk kualitas karakternya tak terkecuali mengenai kemampuan literasi. Jika berbicara lebih lanjut mengenai kemampuan literasi sudah pasti ada kaitannya dengan kemampuan anak dalam menguasai bahasa, termasuk bahasa Inggris.

Meskipun bahasa ibu itu penting untuk dikuasai terlebih dulu tetapi pada kenyataannya bahasa asing tidak boleh sampai ketinggalan. Berdasarkan banyak penelitian yang dilakukan oleh pakar bahasa, banyak yang mengatakan bahwa sebenarnya semakin cepatnya anak belajar bahasa Inggris, maka akan semakin mudah bagi mereka untuk menguasai bahasa tersebut.

McLaughlin dan Genesee berpendapat bahwa kalau anak – anak lebih cepat mendapatkan bahasa tanpa banyak kesukaran dibanding dengan orang dewasa. Tetapi dalam hal ini, Dra. Mayke S. Tedjasaputra M, Si, yang merupakan dosen perkembangan anak di Fakultas Psikologi UI mengingatkan bahwa orangtua sebaiknya lebih sensitif lagi, jangan lupa untuk memperhatikan dengan baik anaknya bingung atau tidak apabila dikenalkan dengan beberapa bahasa sekaligus.

Intinya, kalau anak memang sudah cukup mampu dalam memahami bahasa ibu dan tak terlihat kebingungan lagi, maka mengajarkan bahasa Inggris sedari dini mungkin memang tidak menjadi masalah yang berarti baginya. Pertanyaannya, metode belajar bahasa Inggris apa yang bisa diterapkan di rumah untuk agar anak mudah belajar bahasa Inggris?

Pastinya sebagai orangtua yang baik kamu perlu belajar mengenai berbagai metode mengajar yang baik, seru, dan menarik. Dengan begitu anak mau belajar bahasa Inggris dengan senang hati, misalnya lewat beberapa tips berikut.

Lewat Buku Cerita

Sangat disarankan sekali agar sejak masih ada dalam kandungan kamu harus membiasakan diri untuk membaca – baca buku cerita kepada janin. Meskipun terlihat sepele tetapi ternyata kebiasaan ini akan mudah untuk diteruskan sampai si bayi tumbuh besar, menjadi kebiasaan membaca buku sebelum mulai terlelap dalam tidurnya.

Buku – buku yang bisa dibacakan tentunya bisa diselang seling, yakni antara buku cerita berbahasa Indonesia dan buku cerita bahasa Inggris. Agar lebih menyenangkan, kamu juga bisa membaca dengan lebih banyak melakukan interaksi dengan anak. Bila perlu kamu juga bisa mengajak anak untuk berdiskusi setelah selesai membacakan buku cerita tersebut.

Percakapan yang Sederhana dengan Bahasa Inggris

Ingat, kamu tidak disarankan untuk membatasi peluang anak untuk belajar bahasa asing. Contohnya, percakapan sederhana sehari – hari di rumah juga bisa digunakan sebagai kesempatan untuk dukung proses belajarnya.

Contoh percakapan yang bisa diterapkan, yakni ‘Which of these two pants do you want to wear today?’. Apabila anak ternyata masih malu – malu untuk menjawab pertanyaan yang kamu berikan tersebut, maka kamu bisa memberikan anak pilihan. Contohnya, ‘The blue one? Or the black one?’.

Selalu mengingatkan anak satu hal yang penting, yakni ‘Jangan pernah takut untuk salah’. Dengan mengetahui apa kesalahan yang telah diperbuat ternyata akan membuat kita bisa belajar melakukan hal yang lebih baik lagi ke depannya, begitu pun dengan anak.

Lewat Games

Games pastinya menjadi cara belajar asyik dan menyenangkan bagi anak – anak, karena di masa inilah anak lebih suka bermain. Ada banyak sekali format permainan yang bisa dimainkan anak untuk menunjang belajarnya, mulai dari board game hingga ke gadget.

Tentu saja sebagai orangtua yang baik, kamu harus lebih bijak lagi memilih jenis permainan yang boleh dimainkan oleh anak. Usia anak akan mempengaruhi keputusan ini. Untuk usia anak balita jenis permainan yang bisa disentuh seperti boneka tangan merupakan jenis permainan yang paling direkomendasikan dan disukai anak – anak.

Melalu permainan tersebut kamu bisa mencoba membuat percakapan lucu antara anak dengan boneka. Lain halnya untuk anak yang lebih besar, maka jenis permainan board game seperti bingo atau scrabble bisa menjadi pilihan seru untuk belajar bahasa Inggris.

Membuat DIY

Jika sedang malas ke luar rumah, kamu juga bisa kok mengajak anak untuk melakukan pra karya. Dalam hal ini kamu tidak perlu membuat kerajian yang rumit dan sulit, sebab yang paling penting di sini adalah interaksi dengan anak dan bonding session. Kegiatan pra karya bisa juga digunakan sebagai kesempatan untuk belajar bahasa Inggris. Contohnya untuk mengucapkan instruksi sederhana berikut, ‘Cloud you pass me the glue, please?, Why don’t you paint a picture?, atau Can you help me tidy up?’.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips agar anak muda belajar bahasa Inggris yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat.

WhatsApp chat