Mengetahui Penghambat Sulitnya Anak Belajar Bahasa Asing Sejak Dini

Mengetahui Penghambat Sulitnya Anak Belajar Bahasa Asing Sejak Dini

Myenglishforum.id – Tahukah kamu kira – kira apa saja yang menjadi penghambat sulitnya anak belajar bahasa asing sejak dini? Melalui artikel berikut akan kami bocorkan informasi selengkapnya untuk Anda. So, simak baik – baik rangkumannya, ya!

Belakangan ini pembelajaran bahasa asing, salah satunya untuk bahasa Inggris ini sepertinya sudah mulai diajarkan sejak anak usia dini, seperti pada usia 4 – 6 tahunan. Banyak sekali para orangtua yang mengharapkan bahwa dengan cara tersebut maka anaknya bisa lebih mudah lagi dalam menguasai bahasa Inggris dengan cepat.

Tapi pada kenyataannya, ada banyak sekali kendala dimana seorang anak usia 4 – 6 tahunan ternyata pada akhirnya masih belum biasa fasih berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Bahkan meskipun diberikan proses pembelajaran yang baik di usia dini. Pada dasarnya dalam proses belajar bahasa Inggris cepat memang banyak faktor yang perlu diketahui yang diklaim mampu mempengaruhi berhasil atau tidaknya anak dalam menguasai bahasa asing tersebut. tetapi ternyata dari sekian banyaknya faktor ada beberapa faktor yang paling sering menjadi penghambat sulitnya anak belajar bahasa asing yang perlu kamu tahu. Apa itu?

Mengetahui Penghambat Sulitnya Anak Belajar Bahasa Asing Sejak Dini

Mengetahui Penghambat Sulitnya Anak Belajar Bahasa Asing Sejak Dini
Photo by Hallosehat.com

Takut

Penghambat sulitnya anak belajar bahasa asing yang pertama adalah perasaan takut yang begitu mendalam dalam diri anak. Ya, seseorang yang selalu merasa ketakutan akan sesuatu hal padahal belum sama sekali bertindak, pastinya yang demikian akan semakin membuatnya kesulitan untuk berkembang dan tahu di mana letak kesalahannya.

Ingat, kamu sebagai orangtua sangat disarankan sekali untuk tidak menertawakan pada saat anak melakukan kesalahan ketika pertama kalinya ia belajar bahasa Inggris. Sebab, yang demikian hanya akan membuatnya trauma dan tidak mau lagi menggunakan bahasa asing tersebut. Apabila anak memang melakukan kesalahan, lebih baik memperbaiki kesalahannya tersebut dengan tetap memberikan semangat. Bila perlu kamu juga bisa mengatakan bahwasannya kesalahan dalam proses pembelajaran adalah hal wajar.

Malas

Di awal periode pertumbuhannya, biasanya anak menjadi lebih mudah terdistraksi dengan beberapa hal yang ada di sekitarnya. Tidak heran jika pada akhirnya sering sekali ditemui kejadian pada saat anak menjadi sangat malas untuk belajar karena pikirannya sudah terpecah terlebih dulu ke hal – hal lain, seperti menonton TV atau bahkan bermain game di gadget kesayangannya.

Hal ini wajar, tetapi bukan berarti tidak bisa diatasi. Kamu perlu meningkatkan rasa keingintahuan anak terhadap bahasa Inggris, misalnya dengan cara menggunakannya benda – benda yang disukai, seperti mainan, buku cerita, atau yang lainnya. Pada saat rasa malas belajar bahasa Inggris tersebut muncul kembali, silakan berikan motivasi pada anak bahwasannya mempelajari sesuatu yang baru adalah tantangan tersendiri yang suatu saat ini akan membuka wawasan anak.

Metode Belajar Bahasa Inggris Tak Relevan

Meskipun usianya masih cukup dini untuk belajar bahasa asing, tetapi ternyata anakmu sudah mulai mengikuti kelas tambahan. Namun kamu masih merasa bahwa tidak ada perkembangan yang cukup berarti dalam kemampuan bahasa Inggrisnya. Pernah nggak sih kamu berpikir bahwa ada yang salah dari metode belajar yang digunakan oleh guru pengajarnya?

Apa metode yang diterapkan benar – benar sudah sesuai dengan kemampuan anak dalam memahami, mengerti, dan memberikan anak kesempatan untuk langsung menggunakan serta mempraktekkan teori yang sudah didapatkan? Jika memang tidak, sebaiknya kamu memilihkan tempat les bahasa Inggris anak yang menerapkan metode belajar paling sesuai dengan anakmu, baik itu dari segi waktu, kecepatan belajar, atau pun cara penyampaiannya.

Kosa Kata Bahasa Inggris yang Membludak

Bahasa Inggris adalah jenis bahasa yang dikenal sebagai bahasa dengan kosa kata paling banyak. Selain itu, jumlah kosa kata bahasa Inggris pun di setiap harinya juga semakin bertambah, karena banyaknya pengaruh bahasa lain, seperti Latin, slang, atau munculnya istilah – istilah baru dalam bahasa Inggris.

Namun meskipun demikian bukan berarti mustahil untuk menguasai bahasa Inggris. Sebagai langkah pertamanya, anak perlu menguasai kosa kata bahasa Inggris yang mencakup percakapan sehari – hari, seperti percakapan saat di rumah, di tempat bermain, atau pun yang lain. Seiring dengan berjalannya waktu, anak akan terus mempelajari kosa kata baru dan memperluas jangkauan kosa katanya. So, kamu sebagai orangtua harus lebih bersabar lagi dan terus menggunakan bahasa Inggrismu saat ngobrol bersama anak.

Pronunciation dan Dialek Bahasa yang Beragam

Dikarenakan bahasa Inggris telah digunakan di banyak negara di dunia sebagai bahasa pengantar utama mereka, sehingga munculah perbedaan – perbedaan dari segi pelafalan atau pengucapan dan logat bahasa yang digunakan. Contohnya, secara besar yang paling populer adalah perbedaan antara British English dan American English.

Memang yang demikian tidak terlalu penting, kamu akan mengajarkan anak akan menggunakan ragam jenis bahasa Inggris yang mana. Karena yang paling penting di sini adalah tersampaikannya pesan antara apa yang diucapkan ke lawan bicara. Tapi preferensi terhadap beragam bahasa kadang kalanya menjadi trend tersendiri, misalnya ada seseorang yang lebih suka American English sebab lebih terkesan praktis dan ringan untuk dipelajari.

Beberapa hal tersebut dianggap menjadi penghambat sulitnya anak belajar bahasa asing sejak dini, yang sebenarnya mampu diatasi oleh orangtua atau pun pengajar. Dalam mengajarkan bahasa Inggris pada anak balita, orangtua atau pengajar diharuskan untuk lebih bersinergi secara berdampingan. Salah satunya adalah dengan cara menimbulkan keinginan pada anak terlebih dulu untuk mempelajari bahasa asing. Jika sudah timbul keinginan dari diri anak, maka diharapkan agar anak lebih bersemangat dan termotivasi lagi untuk mampu menghadapi berbagai bentuk kesulitan saat proses belajar bahasa Inggris berjalan.

Itulah beberapa penghambat sulitnya anak belajar bahasa asing sejak dini yang penting orangtua dan pengajar tahu. Semoga bermanfaat.

Chat via Whatsapp