fbpx
Mengenal Beragam Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris yang Mudah

Mengenal Beragam Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris yang Mudah

Myenglishforum.id – Kamu sudah tahu belum tanda baca dalam bahasa Inggris? Jika berbicara mengenai tanda baca, sebenarnya sudah banyak sekali ditemukan di berbagai buku bacaan, artikel, atau bahkan pada berita – berita.

Tanda baca atau yang juga disebut dengan Punctuation adalah simbol yang tidak ada kaitannya dengan fenom atau suara, kata, juga frasa pada suatu bahasa. Tanda baca berperan penting untuk menunjukkan struktur dan organisasi suatu tulisan juga intonasi serta jeda yang kemudian bisa diamati sewaktu pembacaan. Pada saat kamu mulai belajar bahasa Inggris, sangat disarankan sekali agar kamu mengetahui dengan baik beragam tanda baca dalam bahasa Inggris tersebut.

Tanda baca ini nanti akan membantu kamu untuk memahami dengan baik dan benar apa maksud dari bacaan bahasa Inggris yang sedang kamu baca. Tak perlu berlama – lama lagi, berikut adalah jenis – jenis tanda baca dan penggunaan tanda baca dalam bahasa Inggris yang perlu kamu tahu.

Mengenal Beragam Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris yang Mudah

Mengenal Beragam Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris yang Mudah

Full Stop / Period – (.)

Contoh tanda baca dalam bahasa Inggris yang pertama ini pastinya kamu sudah sangat mengenalinya, kan? Ya, ini adalah tanda baca yang biasanya digunakan untuk mengakhiri suatu kalimat. Contoh penggunaan tanda baca tersebut dalam bahasa Inggris yakni, ‘I am thinking of creative ideas for the compatition’. Artinya, ‘Aku sedang memikirkan ide kreatif untuk kompetisi’.

Question Mark – (?)

Pada dasarnya ada banyak sekali tanda baca yang penting kamu tahu pada saat belajar bahasa asing, salah satunya adalah tanda baca ‘?’. Tanda baca tersebut biasanya digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat. Namun demikian, tidak sembarangan kalimat yang diakhir dengan tanda baca tersebut. Hanya kalimat tanya saja yang akan diakhiri tanda baca tanya. Contoh gampangnya seperti berikut, ‘Would you like a cup of tea?’. Artinya, ‘Apakah kamu mau secangkir teh?’.

Exlamation Point – (!)

Sama seperti kedua tanda baca di atas, untuk tanda baca berikut ini pastinya juga tidak asing lagi bagi kamu, kan? Tanda seru (!) adalah jenis tanda baca dalam bahasa Inggris yang paling sering digunakan untuk beberapa kalimat khusus. Seperti, kalimat perintah, penekanan, atau mengungkapkan sesuatu yang mengejutkan. Contoh penggunaan tanda baca seru yakni, ‘Be quiet! The baby is sleeping’. Artinya, ‘Jangan berisik! Bayi sedang tidur’.

Comma – (,)

Tanda baca berikut ini adalah tanda koma yang memiliki bentuk mirip apostrof atau tanda petik tunggal. Tanda baca tersebut biasanya diletakkan digaris dasar sebuah teks. Beberapa jenis huruf yang menggambarkan tanda koma adalah angka sembilan yang diisi bagian lubangnya. Tanda koma pada dasarnya memiliki beberapa fungsi penting, antara lain sebagai berikut.

  • Memisahkan hari
  • Memisahkan tanggal
  • Memisahkan bulan
  • Memisahkan tahun
  • Memisahkan nama dengan gelar
  • Memisahkan beberapa kata dalam suatu kalimat
  • Memisahkan pertanyaan dan pertanyaan
  • Menekankan kepemilikan

Adapun contoh kalimat dalam bahasa Inggris dengan tanda koma yakni, ‘Let’s meet on Thursday, 25th july’. Artinya, ‘Mari bertemu hari kamis tanggal 25 juli’.

Colon – (:)

Tanda baca berikut ini adalah tanda titik dua atau tanda dua titik, yang merupakan jenis tanda baca yang dilambangkan dengan dua titik berukuran sama. Tanda titik dua tersebut biasanya diletakkan satu di atas yang lain, atau pun diletakkan di bagian tengah garis vertikal yang sama. Tanda titik dua digunakan untuk menjabarkan suatu daftar. Contoh kalimat dengan tanda titik dua yakni, ‘I want the following items : butter, sugar, and flour’. Artinya, ‘Aku membutuhkan barang – barang ini : mentega, gula, dan tepung’.

Apostrophes – (‘)

Ini adalah tanda penyingkat atau apostrof. Tanda tersebut biasanya digunakan untuk menunjukkan penghilangan bagian kata atau angka tahun dalam sebuah konteks tertentu. Tanda apostrof juga digunakan untuk menyatakan suatu kepemilikan. Contoh kalimat dengan tanda baca apostrof dalam bahasa Inggris yakni, This bike is bob’s. Artinya, sepeda ini punya bob.

Quotation Marks – (“ “)

Memang ada banyak sekali tanda bada yang harus Anda tahu dan kenali dengan baik, salah satunya adalah tanda petik atau quotation marks. Disebut juga dengan tanda kutip, tanda baca tersebut biasanya digunakan secara berpasangan untuk menandai ucapan, frasa, kata, atau kutipan. Sederhananya, tanda kutip digunakan untuk mengutip perkataan orang lain. Contoh penerapan tanda kutip dalam bahasa Inggris yakni, He said, “I really hate winter”. Artinya, I bilang, “Aku sangat membenci musim dingin”.

Ellipsis Mark – (…)

Tanda elipsis atau dalam bahasa Yunani adalah Elleipsis, yang berarti ‘penghilangan’. Tanda baca tersebut biasanya digunakan untuk menandai penghilangan sengaja suatu kata atau pun frasa dari teks aslinya. Tanda elipsis digunakan untuk menyingkat kalimat yang dikutip. Contoh kalimat dengan tanda baca elipsis yakni,

  • Kalimat utuh : ‘After a very long discussion, we decided to vote daniel as our leader’.
  • Kalimat dengan tanda baca elipsis : ‘…(W)e decided to vote daniel as our leader’.

Hyphen – (-)

Ini adalah jenis tanda baca yang biasanya digunakan untuk menggabungkan dua kata atau lebih. Contoh kalimat dengan tanda baca tersebut yakni, ‘A kid-friendly hotel’. Artinya, ‘Hotel ramah anak’.

Nah, itulah tadi beberapa tanda baca dalam bahasa Inggris yang bisa kami bagikan. Semoga informasinya bermanfaat.

Chat via Whatsapp