Langkah Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat Buku Cerita

Langkah Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat Buku Cerita

Myenglishforum.id – Dari sekian banyaknya langkah mudah belajar bahasa Inggris yang bisa diterapkan, ternyata belajar lewat buku cerita ini menjadi salah satu yang paling direkomendasikan. Apalagi kalau kamu ingin mengajarkan bahasa Inggris kepada anak – anak. Namun demikian juga penting sekali untuk kamu tahu dan ingat, bahwa pada dasarnya mengajari anak untuk belajar bahasa Inggris pada dasarnya bukanlah perkara yang mudah. Butuh keuletan, ketelatenan, dan kesabaran.

Untuk memudahkan kamu dalam mengajari si kecil bahasa Inggris, berikut ini adalah cara belajar bahasa Inggris mudahnya lewat buku cerita yang bisa kamu coba praktekkan. Simak yuk, ulasan selengkapnya di sini!

Langkah Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat Buku Cerita

Langkah Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat Buku Cerita
Photo by Popmama.com

Misalnya saja apabila dalam satu harinya kamu hanya memiliki waktu kurang lebih sekitar 10 menit bersama anak – anak, kira – kira apa yang akan Anda lakukan? Diantara sekian banyaknya pilihan, ternyata membaca buku bersama anak – anak bisa jadi salah satu aktifitas yang cukup bermanfaat sekali. Membaca buku diklaim tidak hanya membantu mengembangkan bahasa si kecil saja, tetapi juga bisa menciptakan kebiasaan baik bagi mereka.

Kamu tentu saja bisa melakukan aktifitas yang menyenangkan satu ini di mana pun, bahkan di tempat tidur. Membaca buku pada dasarnya memiliki tujuan yang sangat baik sekali, yakni menciptakan quality time bersama. Membaca buku tentu saja bisa membantu meningkatkan kemampuan bahasa anak. Namun demikian, hal demikian tentu saja bukan hal yang mudah, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk menjadikan aktifitas baca dalam bahasa Inggris bersama si kecil bermanfaat, diantaranya sebagai berikut.

Menciptakan kebiasaan baca yang menyenangkan

Langkah mudah belajar bahasa Inggris yang pertama ini tentu saja wajib banget kamu lakukan. Pertama, silakan kamu luangkan waktu dalam sehari atau pun seminggu secara rutin yang kamu dedikasikan secara khusus untuk anak – anak. Dimana dalam setiap malamnya sebelum tidur atau pun di setiap hari Sabtu sore pada saat kamu tidak bekerja. Ketika anak – anak sudah mulai terbiasa dengan jadwal yang kamu buat tersebut, maka mereka akan secara alami mendatangi kamu untuk story time. Ini tentu saja bisa banget membantu menciptakan kebiasaan baik buat mereka di kemudian hari.

Memilih buku cerita yang disukai anak – anak

Ingat, karena tujuan kamu di sini adalah agar si kecil bisa berbicara bahasa Inggris, itu artinya kamu harus memilihkan buku cerita yang paling disukai anak – anak. Ya, sebelum mulai membaca buku cerita dalam bahasa Inggris, silakan coba luangkan waktu untuk mencari tahu kesukaan si kecil, atau buku yang mereka suka. Apabila si kecil memang suka dongeng, maka kamu bisa memilihkan buku yang penuh dengan keajaiban. Tapi jika memang ia suka dengan alam, buku tentang bumi atau pun alam semesta bisa jadi pilihan tepatnya.

Menggunakan kalimat tanya yang sederhana untuk meningkatkan pemahaman baca si kecil

Meskipun kelihatannya sulit, tetapi apabila beberapa kebiasaan di atas sudah kamu terapkan dengan baik, maka belajar bahasa Inggris anak pun akan jadi lebih mudah. Nah, untuk langkah selanjutnya yang perlu kamu ingat sebagai orangtua adalah kamu harus membaca bersama si kecil dan bukan membacakan cerita dalam bahasa Inggris untuk anak kamu. Kamu sebagai orangtua hanya berperan sebagai pembantu, atau membantu meningkatkan tingkat partisipasi dengan cara berinteraksi pada saat membaca buku. Kamu bisa mencoba menanyakan pertanyaan yang ada kaitannya dengan cerita yang sedang dibaca.

Di awal – awal belajar bahasa Inggris si kecil, kamu bisa mulai dengan kata ‘what’ atau ‘how’. Contoh mudahnya seperti ini, ‘what do you see on this page? Atau what color is this car? Atau do you like the yellow bus? Atau how many fish are there in this fish tank?’.

Pada saat si kecil mulai menunjukkan ada peningkatan pada kemampuan baca bahasa Inggris mereka, kamu sebagai orangtua juga bisa menanyakan hal – hal tentang jalan cerita. Misalnya saja, ‘what is going to happen next?’. Jangan lupa untuk memberikan pujian atau penghargaan apabila si kecil berhasil memberikan jawaban lengkap atau kreatif.

Jangan terlalu fokus pada kosa kata baru

Apabila cerita dalam buku yang dipilih tersebut memang terlalu sederhana sekali, dan si kecil pun sudah tahu setiap kata yang ada, maka kamu akan membuat mereka cepat merasa bosan dan jenuh. Begitu pun sebaliknya, apabila menemukan banyaknya kosa kata baru coba kamu bantu si kecil untuk menemukan artinya. Misalnya saja dengan cara menebak sesuai konteks cerita atau kalimat. Bantu si kecil untuk bereksplorasi untuk menstimulasi imajinasi mereka.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang langkah mudah belajar bahasa Inggris lewat buku cerita. Semoga bermanfaat.

Chat via Whatsapp