Keuntungan Belajar Bahasa Asing di Usia Dini yang Harus Diketahui Para Moms

Keuntungan Belajar Bahasa Asing di Usia Dini yang Harus Diketahui Para Moms

Myenglishforum.id – Sebelum kami akan menginformasikan lebih lengkapnya tentang keuntungan belajar bahasa asing di usia dini, sudahkah kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk belajar bahasa Inggris? Bisa dibilang ini merupakan pertanyaan paling umum ditanyakan oleh sebagian besar para orangtua. Jawaban paling bijak adalah lebih baik lebih cepat.

Anak – anak di usia 4 – 6 tahunan misalnya merupakan usia anak yang paling sensitif sekali terhadap sinyal bicaranya. Itu artinya, anak usia dini tersebut bisa mengimitasi dan belajar aksen dengan sangat mudah, tak terkecuali untuk mempelajari bahasa asing satu ini, yakni bahasa Inggris. Tidak salah juga jika pada akhirnya yang demikian menjadi alasan kenapa pada akhirnya belajar bahasa Inggris di usia dini sangat dianjurkan.

Keuntungan Belajar Bahasa Asing di Usia Dini yang Harus Diketahui Para Moms

Keuntungan Belajar Bahasa Asing di Usia Dini yang Harus Diketahui Para Moms
Photo by Mommyasia.id

Pengetahuan Semakin Terbuka Lebar

Sebagai orangtua, kamu pastinya akan memberikan yang terbaik untuk anak tercinta, salah satunya adalah dengan mengajarkan anak bahasa Inggris sejak usianya masih sangat dini. Bahasa Inggris adalah bahasa pengetahuan, bahasa pengantar keilmuan terkini, baik itu secara online atau offline.

Hanya dengan berbekal penguasaan dalam bahasa Inggris, maka seorang anak bisa lebih mudah mengakses lebih banyak lagi informasi dan pengetahuan dari luar negeri. Sehingga yang demikian akan memudahkannya untuk lebih up to date pada perkembangan keilmuan terbaru. Imbasnya adalah nilai yang semakin tinggi serta daya analisis yang lebih hebat dibandingkan dengan teman – teman yang belum tahu informasi tersebut.

Mempersiapkannya Agar Lebih Matang Menghadapi Masa Depan

Keuntungan belajar bahasa asing di usia dini yang lainnya adalah akan mempersiapkannya untuk lebih matang lagi menghadapi masa depan. Bahasa Inggris bahkan disebut – sebut sebagai bahasa global, itu artinya bahasa asing tersebut digunakan oleh hampir sebagian besar penduduk di dunia, hampir sebagian profesi dan situasi.

Selain itu, bahasa Inggris juga menjadi bahasa pengetahuan, bahasa komunikasi, dan bahasa bisnis. Apabila saat dewasa nanti anak ingin melanjutkan pendidikannya di luar negeri, maka penguasaan bahasa Inggris sejak dini sudah pasti menjadi hal penting dan sangat menguntungkan sekali.

Memiliki Skill yang Memudahkannya Menjalni Masa Sekolah Menyenangkan

Ya, anak yang menguasai bahasa asing sejak dini dinilai akan memiliki skill yang lebih. Dimana skill tersebut nanti akan memudahkan anak dalam menjalani masa – masa sekolah yang menyenangkan. Ini dikarenakan skill bahasa Inggris juga sangat diperhitungkan bahkan sejak di tingkat Sekolah Dasar (SD). Lomba – lomba bahasa Inggris juga banyak digelar dan anak yang berhasil menjadi pemenang biasanya memiliki nilai plus di mata guru atau bahkan teman – temannya.

Mampu Meraih Kepercayaan Diri

Kita pastinya juga sudah tahu betul bahwa rasa percaya diri adalah kunci utama dalam motivasi belajar. Nah, pada saat anak – anak merasa kesulitan dalam menerima pelajaran yang diberikan guru, maka ini bisa menurunkan rasa percaya diri dalam dirinya hingga akhirnya semangat belajarnya pun sedikit terkikis karenanya.

Belajar bahasa Inggris di usia dini bisa menjadi salah satu upaya paling jitu dan efektif untuk mencegah anak kehilangan kepercayaan diri. Pada saat anak memasuki dunia sekolah, maka pelajaran bahasa Inggris yang didapatkan sebelumnya bisa membantu mereka untuk mempersiapkan diri untuk pelajaran bahasa Inggris di kelasnya. Dengan tampil lebih unggul lewat pengalaman belajar sebelumnya sudah pasti bisa meningkatkan rasa percaya diri dalam diri anak.

Menjadi Lebih Kreatif

Jika dilihat berdasarkan analisa kasus, siswa yang belajar bahasa Inggris setelah memasuki Sekolah Dasar kerap kali memiliki kecenderungan untuk merasa khawatir yang berlebih ketika salah mengucapkan kata – kata, jika dibandingakn dengan mereka yang belajar bahasa Inggris lebih awal di usianya.

Sebagai salah satu cara mengajarkan anak usia dini bahasa Inggris yang mudah adalah dengan mengajak anak bermain dengan kata – kata dalam bahasa Inggris, terutama pada saat mereka masih terbebas dengan aturan yang disebut sebagai jawaban yang benar. Hal tersebut pastinya menjadi cara terbaik bagi anak untuk mengeksplorasi sebuah bahasa dan menemukan caranya sendiri untuk memahami dan mengerti bahasa tertentu.

Menjadi Lebih Gemar Membaca

Film, serial TV, radio, dan kartun adalah media yang menarik bagi anak – anak di usia dini. Tidak heran jika yang demikian mampu menjadikan buku sebagai media yang tidak menarik lagi baginya. Padahal seperti yang kita tahu, buku adalah media yang paling baik dalam mengenalkan bahasa serta latar belakang budaya.

Sama seperti koran yang disebut – sebut sebagai sumber informasi dari perkembangan bahasa dan berita bagi setiap warga negara. Apabila kamu mendorong anak untuk membaca buku berbahasa Inggris sejak usianya masih sangat dini, maka mereka akan mendapatkan kebiasaan membaca yang baik. Tentunya yang demikian bisa dikembangkan di kemudian hari. Namun pastinya untuk selalu memulainya dari hal – hal yang mudah.

Mampu Meningkatkan Interaksi orangtua – Anak

Keuntungan belajar bahasa asing di usia dini yang terakhir ternyata tidak hanya terfokus pada anak saja. Pada saat orangtua ikut serta dalam pendidikan anak, maka ini bisa membantu meningkatkan interaksi antara orangtua dengan anak.

Ketika anak mencoba membantu anak untuk membaca buku – buku komik atau cerita dalam bahasa Inggris, maka aktifitas tersebut bisa membantu memperkuat hubungan antara kamu dengan anak. Silakan manfaatkan waktu yang ada dengan anak, baik untuk membantu hubungan atau pun meningkatkan kemampuan belajar anak.

Itulah beberapa keuntungan belajar bahasa asing di usia dini yang harus diketahui para moms. Semoga informasinya bermanfaat.

Chat via Whatsapp