Alasan Speaking-mu Tak Kunjung Lancar Meski Sudah Lama Belajar Bahasa Inggris

Alasan Speaking-mu Tak Kunjung Lancar Meski Sudah Lama Belajar Bahasa Inggris

Myenglishforum.id – Tahu nggak sih, kira – kira apa yang membikin speaking-mu tak kunjung lancar meskipun sudah cukup lama belajar bahasa Inggris? Mari ketahui alasan speaking-mu tak kunjung lancar selengkapnya di sini!

Tak bisa dipungkiri memang bahwa di era millenial seperti sekarang, kemampuan dalam menguasai bahasa asing, seperti bahasa Inggris memang sangat diperlukan. Maka dari itu, kamu harus banget bisa menguasai bahasa asing satu ini. Tapi yang jadi masalahnya adalah untuk belajar bahasa Inggris ternyata bukan perkara yang mudah. Bahkan terkadang sudah cukup lama kamu belajar tapi pada kenyataannya sampai sekarang speaking-mu tidak kunjung lancar.

Pada dasarnya sejak duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) kira sudah belajar bahasa Inggris, tapi entah apa alasannya, alih – alih kamu bisa bercakap – cakap dengan menggunakan bahasa Inggris, yang ada kamu malah bingung saat diajak atau pun mau mengajak seseorang untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

Alasan Speaking-mu Tak Kunjung Lancar Meski Sudah Lama Belajar Bahasa Inggris
Photo by Inovasee.com

Apabila dipikir – pikir lagi, sudah cukup lama bahkan hingga bertahun – tahun kamu belajar bahasa Inggris, idealnya kamu sudah lancar berkomunikasi dan tidak ragu lagu untuk memulai percakapan apabila bertemu dengan orang asing. Bahkan kamu juga tidak perlu repot – repot lagu harus mengeluarkan biaya untuk mengikuti kelas tambahan bahasa Inggris di luar jam sekolah. Menilik lebih jauh lagi, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa pada akhirnya speaking-mu tak kunjung lancar meskipun sudah cukup lama belajar bahasa Inggris.

Alasan Speaking-mu Tak Kunjung Lancar Meski Sudah Lama Belajar Bahasa Inggris

Dihadapkan dengan berbagai macam rumus dan tenses terus

Dihadapkan dengan berbagai macam rumus dan tenses terus
Photo by Infokmasukptn.blogspot.com

Ketika kamu akan belajar bahasa Inggris, maka nanti kamu akan disajikan dengan banyaknya rumus – rumus yang pasti akan membuat kamu lebih sulit lagi untuk bisa lancar berbahasa Inggris. Ya, meskipun ini menjadi dasar dari proses belajar bahasa inggris, akan tetapi pada kenyataannya rumus yang banyak tersebut kerap kali membuat kamu lebih sulit lagi untuk bisa lancar dalam bahasa Inggris.

Asal kamu tahu saja, bahwa bahasa itu merupakan suatu kebiasaan. Apabila kamu memang bisa menghafal semua rumus dan tenses bahasa Inggris tanpa meluangkan waktumu untuk melatih kemampyan speaking, dijamin kamu tidak akan bisa lancar bicara dengan bahasa Inggris.

Menerapkan metode belajar dengan cara menghafal

Menerapkan metode belajar dengan cara menghafal
Photo by Tutorindonesia.co.id

Kita pastinya juga sudah tahu betul bahwa metode menghafal ini bukan lagi menjadi rahasia umum yang paling diagung – agungkan. Tidak heran jika pada akhirnya banyak orang yang menerapkan metode tersebut pada saat belajar bahasa Inggris. Hingga akhirnya kamu sendiri pun percaya bahwa jika kamu mampu menghafal tenses maka kamu nanti akan lebih percaya diri bahwaasnnya kamu lebih pintar dan pandai, serta sudah menguasai materi pelajaran secara keseluruhan.

Kenyataannya, metode menghafal ini hanya bagian kecil dari proses berpikir seseorang. Agar kamu bisa lancar dalam berbahasa Inggris kamu tetap disarankan untuk terus mencoba bercakap – cakap dengan seseorang yang sudah fasih dalam bahasa Inggris. Tak perlu takut salah, sedikit demi sedikit dijamin bahasa Inggris-mu akan jadi lebih lancar lagi.

Porsi pembelajaran basic skills yang timpang

Porsi pembelajaran basic skills yang timpang
Photo by Dialektik.id

Setidaknya ada 4 skill dasar yang harus dikuasai pada saat kamu akan mempelajari suatu bahasa, tak terkecuali untuk bahasa Inggris, yakni speaking, listening, reading, dan writing. Kamu diharapkan agar bisa menguasai semua skill dasar tersebut. Ini tentu bukanlah hal yang mudah, apalagi jika pada kenyataannya kamu kurang suka mempelajari bahasa asing tersebut. Akan tetapi kembali lagi ke pokok pembahasan di awal, karena bahasa Inggris sudah menjadi suatu hal yang penting, bahkan wajib dikuasai, makanya mau tidak mau kamu harus berusaha lebih keras lagi untuk bisa fasih dalam berbahasa Inggris.

Banyaknya yang bertanya ‘can you speak English’ saat uji kemampuan bahasamu

Banyaknya yang bertanya ‘can you speak English’ saat uji kemampuan bahasamu
Photo by Esqcourse.com

Ya, terkadang banyak sekali orang, atau guru yang lupa akan society’s expectation yang seketika menganggap bahwa kecapakan utama dalam berbahasa itu adalah speaking. Berhasil atau tidaknya seseorang dalam menguasai sebuah bahasa akan dilihat dari seberapa cas – cis – cus dirinya dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tersebut. Jangan pernah beranggapan bahwa orang lain akan melihat nilai dari writing dan readingmu.

Jangan pedulikan kata mereka, teruslah belajar dan kejar targetmu

Jangan pedulikan kata mereka, teruslah belajar dan kejar targetmu
Photo by Nova.grid.id

Mungkin kamu sendiri juga sudah tahu betul bahwa ada banyak dari mereka yang menganggap bahwa berbicara dengan menggunakan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris itu ke bule – bule-an, hingga akhirnya yang demikian ini mempengaruhi minat serta keberanian seseorang dalam berbicara bahasa Inggris, lebih baik kamu tidak memperdulikan apa yang mereka katakan, teruslah belajar dan kejar targetmu. Jangan sampai kamu mengurungkan niatmu untuk belajar bahasa Inggris hingga fasih karena omongan orang.

Speaking adalah bukti nyata apabila kamu bisa menguasai bahasa Inggris. So, tidak ada tips atau trik jitu untuk bisa berbahasa Inggris selain practice. Demikian informasi yang bisa saya sampaikan tentang alasan speaking-mu tak kunjung lancar meski sudah lama belajar bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.

Chat via Whatsapp